Langsung ke konten utama

Hal menarik COVID-19

virus corona yang menjadi wabah belakangan ini memang menjadi mimpi buruk untuk seluruh penghuni dunia. Baru-baru ini asal mula virus corona mulai terungkap. Sempat ada tuduhan, virus ini merupakan senjata biologi wuhan,china.

virus ini diketahui berasal dari pasar hewan yang terletak di Wuhan, China. Wabah virus ini hampir mirip dengan Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau MERS dan Sindrom Pernapasan Akut Parah atau SARS.

Asal mula virus corona ini memang masih ditelusuri oleh para ilmuwan. Beberapa pihak menyebutkan bahwa asal mula virus corona ini dari sebuah laboratorium di Wuhan.
Laboratorium tercanggih di China ini berada di Wuhan National Biosafety Laboratory yang dibuka di wilayah tersebut.  

Gambar hanya ilustrasi

Sempat ada klaim yang berisi laporan pada tahun 2017 silam saat seorang ilmuwan memperingatkan mengenai kedatangan sebuah virus mirip SARS yang sewaktu-waktu dapat lepas dari laboratorium tersebut.

Kecurigaan terhadap laboratorium tersebut bermula dari lokasinya yang terletak 32 kilometer dari Pasar Seafood Huanan. Walaupun dirancang dengan standar biosafety level 4, tidak bisa dipungkiri jika ada virus yang lolos dari laboratorium ini.

Pendapat ini bahkan diyakini oleh beberapa ilmuwan. Walaupun ada juga yang merasa jika hal tersebut tidak mungkin terjadi dan laboratorium ini sama sekali tidak berkaitan dengan penyebaran virus corona. Hingga saat ini, asal mula virus corona memang masih menimbulkan perdebatan sengit antar ilmuwan. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum mengambil kesimpulan dari kemunculan virus corona ini.


 PASIEN ZERO

Pasien zero di Korea Selatan sudah diketahui: wanita berumur 60 tahun jemaat gereja yang bernama jagat baru, yang dianggap aliran sesat. Dialah pasien pertama covid-19 di Korsel. Dia juga mendapat gelar super spreader. 

Sangat sulit menelusuri sampai menemukan siapa pasien zero di suatu negara. Apalagi di Wuhan, Tiongkok. Yang pasien awal-awalnya sudah banyak yang meninggal.

Tapi seiring dengan meredanya Covid-19 di Tiongkok penelusuran itu bisa lebih serius dilakukan. Apalagi penderita baru Covid-19 di Provinsi Hubei yang ibu kotanya Wuhan semakin menurun. Untuk sementara apa boleh buat. Wuhan dianggap sebagai tempat bermulanya Covid-19. Tiongkok tidak membantahnya.

Konspirasi bukanlah hal yang mustahil, beberapa negara mempunyai rahasia nya sendiri yang di simpan rapat-rapat. Namun hari ini, teori konspirasi adalah hal yang terakhir dibutuhkan umat manusia untuk menghadapi corona. Teori konspirasi hanya menambah tensi ketegangan dan kecurigaan saat umat manusia membutuhkan kebersamaan.


sumber :









Komentar

  1. Tulisan yang bagus...
    Lanjutkan terus buat karya tulisnya.
    Candra Taufik
    https://www.ctaufik.web.id

    BalasHapus

Posting Komentar